Selasa, 07 Mei 2013

Konsep Public Relations

Selanjutnya kita akan melihat konsep-konsep yang mendasari Public Relations tumbuh dan berkembang di dalam suatu bisnis. Berkaitan dengan konsep tersebut ternyata ada dua konsep besar yang menjadi latar belakang berkembangnya Public Relations, yakni dalam tinjauan bisnis suatu perusahaan yang meliputi:

Konsep Tradisional dari Bisnis yang Sifatnya Tertutup
Selalu menutupi peristiwa yang menimpanya, jika peristiwa tersebut dianggap sebagai peristiwa yang buruk atau yang bersifat negatif.
Contoh:
jika ada perusahaan penerbangan mengalami musibah pada saat pesawat terbang miliknya jatuh, maka pihak perusahaan peristiwa yang dianggapnya sebagai peristiwa negatif dan dapat menjatuhkan nama baik perusahaan jika peristiwa tersebut disebarluaskan/diberitahukan kepada masyarakat.

Konsep Modern dari Bisnis yang sifatnya Terbuka
Orang/perusahaan/lembaga pada umumnya sudah menyadari pentingnya informasi yang diberikan kepada masyarakat secara benar, jelas, terbuka, jujur dalam arti sesuai dengan faktanya.
Contoh:
""Business Policy" yang dijalankan secara diam-diam dan rahasia (Secrecy and Silence) akan mengalami kegagalan: Katakanlah kepada relasi kita segala sesuatu dengan terus terang dan terbuka (Frankly ang Openly)".

Konsep Tradisional dari Bisnis yang Sifatnya Terbatas
Ditandai dengan keterbatasan dalam hal memasarkan produk dan jasa. Hasil produksinya hanya disesuaikan dengan kebutuhan daerahnya saja. 
Contoh:
Dapat ditemukan pada kehidupan masyarakat Eropa yang umumnya berada dalam pengaruh gereja Katolik, dimana saat itu rakyat melakukan pekerjaan berdasarkan kebiasaan.

Konsep Modern dari Bisnis yang Sifatnya Tersebar Luas
Orang membuka perusahaan diusahakan agar barang-barang yang diproduksinya dipasarkan dengan memperhitungkan segala sesuatu yang tidak saja dipasarkan di daerahnya saja tetapi juga melakukan penyebaran pemasaran ke luar daerah.
Contoh:
Terlihat pada corak kaum kapitalis di Eropa yang timbul pada era modern berlainan dengan para pengusaha lama. Para pengusaha kapitalis tidak membuat barang-barang berdasarkan pesanan, melainkan diperuntukkan bagi pasar yang belum diketahuinya itu dalam jumlah yang besar.

Konsep Tradisional dari Bisnis yang Sifatnya Eksternal
Orientasi kegiatan Public Relations adalah hanya untuk masyarakat di luar organisasi/perusahaan saja.

Konsep Modern dari Bisnis yang Sifatnya Internal dan Eksternal
Lingkup kerja Publis Relations yakni meliputi publik internal dan eksternal, kegiatan Public Relations juga harus ditujukan bagi publik internal.

Tugas PRO adalah harus dapat mempertemukan kedua keinginan/motivasi/kebutuhan dari setiap kelompok dimana kedua macam publik tersebut tentu saja mempunyai keinginan yang satu sama lain justru bertolak belakang.    

2 komentar: